Ibadah terbesar dalam agama Khonghucu adalah berperilaku bajik (melaksanakan kebajikan). Hal ini merupakan konsekuensi logis dan imanen ajaran Khonghucu yang menempatkan kebajikan sebagai sesuatu yang harus dilakukan.
Dalam agama Khonghucu, tidak ada jalan lain untuk mencapai keselamatan, mencapai pencerahan batin, dan mencapai kesempurnaan iman, kecuali dengan menjalankan kebajikan. Umat Khonghucu senantiasa diingatkan untuk itu dalam salam keimanannya, yaitu: “Wei De Dong Tian” bahwa hanya kebajikan Tuhan berkenan. Artinya, hanya perbuatan bajik dari manusia yang berkenan kepada Tuhan.
Adapun benih-benih kebajikan yang bersemayam dalam hati setiap manusia yang menjadi Watak Sejati itu ialah:
1. Ren (仁) = Cinta kasih
2. Yi (义) = Kebenaran
3. Li (礼) = Kesusilaan
4. Zhi (智) = Kebijaksanaan
1. Ji Si (祭 祀) = Sembahyang/Persembahan
2. Gong Jing (恭 敬) = Hormat dan Sujud
3. Qi Dao (圻 稻) = Berdoa
4. Mo Shi (默 弑) = Diam Memahami
Ibadah Terbesar Agama Khonghucu
Ajaran Khonghucu meyakini bahwa setiap manusia mengemban firman Tuhan yang berupa benih-benih kebajikan yang bersemayam di dalam hati nuraninya. Benih-benih kebajikan firman Tuhan itu adalah Watak Sejati/watak asli (Xing), yang menjadi kodrat kemanusiaannya sekaligus menjadi tanggung jawab manusia untuk menggemilangkannya agar senantiasa bercahaya dan memancar, sehingga mampu menerangi makhluk hidup yang lainnya.Ibadah Terbesar Agama Khonghucu |
Adapun benih-benih kebajikan yang bersemayam dalam hati setiap manusia yang menjadi Watak Sejati itu ialah:
1. Ren (仁) = Cinta kasih
2. Yi (义) = Kebenaran
3. Li (礼) = Kesusilaan
4. Zhi (智) = Kebijaksanaan
3. Pokok-Pokok Peribadahan
Ada empat pokok yang mendasari Tata Ibadah Umat Khonghucu, yaitu:1. Ji Si (祭 祀) = Sembahyang/Persembahan
2. Gong Jing (恭 敬) = Hormat dan Sujud
3. Qi Dao (圻 稻) = Berdoa
4. Mo Shi (默 弑) = Diam Memahami
empat pokok yang mendasari Tata Ibadah Umat Khonghucu |
0 komentar
Posting Komentar