Harmonis dalam Perbedaan yang Mendasari

>
Harmonis dalam Perbedaan yang Mendasari - Pada materi pelajaran Agama Konghucu kali ini akan membahas mengenai Harmonis dalam perbedaan dan juga tentang Pengertian atau arti dari Yin Yang, fungsi, filosofi dan maksud dari Yin dan Yang, untuk lebih jelasnya silahkan simak dalam uraian berikut ini.

Harmonis dalam Perbedaan yang Mendasari

Berbicara harmoni otomatis berbicara masalah perbedaan, karena harmoni dihasilkan ketika hal-hal yang berbeda dibawa bersama untuk membentuk suatu kesatuan. Harmoni dapat diilustrasikan dengan masakan, air, garam, gula, bawang, tomat, dan acar, digunakan untuk memasak ikan. Dari bahan-bahan itu (yang menjadi satu kesatuan) akan dihasilkan bentuk dan rasa baru. Adapun keseragaman ibarat membumbuhi air dengan air, menggarami garam dengan garam, atau membatasi kemerduan musik dengan satu not, itu tentu tidak menghasilkan hal yang baru. Dari uraian ini menjadi jelas bahwa harmoni dapat dihasikan karena ada perbedaan-perbedaan.

Tetapi untuk dapat harmonis, setiap yang berbeda itu harus hadir persis dalam proporsinya yang tepat/pas (proposional). Zhong atau Tengah itu adalah segala sesuatu yang pas/tepat, baik waktu, kecepatan, jarak, dan jumlah. Zhong juga dapat diartikan sesuatu yang tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat, tidak terlalu lama dan tidak terlalu sebentar (waktu), tidak terlalu banyak atau tidak terlalu sedikit (jumlah), tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah (posisi), tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat (jarak), serta tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis (bentuk).

Jadi Zhong diartikan sebagai segala sesuatu yang pas/tepat atau, segala sesuatu yang berada pada waktu, tempat, dan ukuran yang pas/tepat. Oleh karena itu Zhong sangat terkait dengan faktor waktu, tempat, dan ukuran, atau dalam suatu istilah disebutkan “di tengah waktu yang tepat.”

Maka Zhong berfungsi untuk mencapai harmoni, atau Zhong berfungsi mengharmonikan apa yang bertentangan karena perbedaannya.

Harmonis dalam Perbedaan yang Mendasari
Harmonis dalam Perbedaan yang Mendasari
Dalam sebuah puisi yang ditulis oleh Sung Yu untuk menggambarkan seorang wanita cantik dengan kata-kata, demikian: “Jika ia lebih tinggi satu inci tentu ia terlalu jangkung. Jika ia lebih rendah satu inci, tentu ia terlalu pendek. Jika ia memakai bedak, wajahnya akan terlalu putih. Jika ia  menggunakan pemerah pipi, wajahnya terlalu merah.” Gambaran ini memperlihatkan bahwa bentuk tubuh dan roman wajahnya benar-benar “pas” atau “tepat benar.” (Wen Hsuan, chuan 19)

Perbedaan yang Mendasari

Banyak hal yang memengaruhi hingga kita berbeda dengan orang lain, baik perbedaan biologis (jenis), kecerdasan, emosional bahkan perbedaan kemampuan dan paham. Yang jelas, bahwa perbedaan itu sendiri timbul karena ada perbedaan yang mendasarinya.

Tuhan Yang Maha Esa menciptakan kehidupan ini selalu dengan dua unsur yang berbeda (Yin dan Yang): Positif dan negatif, laki-laki dan perempuan, siang dan malam, serta langit dan bumi. Secara sepintas Yin memang bertentangan dengan Yang, tetapi sebenarnya kedua unsur tersebut saling melengkapi/menggenapi dan saling membutuhkan satu sama lain.
Harmonis dalam Perbedaan yang Mendasari Ying Yang
Harmonis dalam Perbedaan yang Mendasari Ying Yang

Yin dan Yang berfungsi menyelaraskan setiap keadaan di dunia ini, artinya kedua unsur tersebut melengkapi dan saling membutuhkan satu sama lain. Dapat kita bayangkan seandainya di dunia ini hanya ada laki-laki tanpa ada perempuan atau sebaliknya, kehidupan mesti tidak akan berlangsung. Semua yang hidup pasti mengalami kematian. Jika ada kematian mesti ada kelahiran baru untuk menggantikannya, sebuah kelahiran hanya terjadi jika ada proses perkawinan, dan perkawinan hanya dapat terjadi pada makhluk yang berbeda jenis kelaminnya. Demikianlah setiap unsur di dunia ini mesti memiliki unsur lain yang berbeda sebagai pasangannya.

Dari filosofi Yin-Yang dapat diketahui bahwa Tuhan Yang Maha Esa memang menghendaki adanya perbedaan di dunia ini, karena sesunguhnya penciptaan segala sesuatu merupakan kerjasama di antara kedua unsur yang berbeda (Yin dan Yang). Tetapi itu bukanlah bermaksud agar kedua yang berbeda itu saling bertentangan dan selanjutnya saling menghancurkan, melainkan menghendaki agar perbedaan itu hadir untuk saling melengkapi/menggenapi dan mendukung satu sama lain.

Di samping perbedaan dasar yang memang sudah menjadi kehendak dan hukum Tuhan, manusia juga memiliki perbedaan lain. Maka bicara perbedaan tidak ada sesuatupun yang persis sama (selalu ada perbedaan).

Setiap individu memiliki ciri masing-masing yang berbeda dari individu yang lain. Tidak ada individu yang persis sama, bahkan pada pasangan yang kembar sekalipun. Kita masing-masing merupakan hal yang baru di dunia ini. Sejak permulaan kehidupan kita tidak seorangpun yang persis sama dengan kita, dan untuk waktu-waktu yang akan datang juga tidak akan ada seorang manusia pun yang bisa persis seperti kita.

Ilmu genetika modern memberitahukan kepada kita, bahwa seorang manusia dihasilkan dari 24 kromosom yang disumbangkan oleh ibu, dan 24 kromosom yang disumbangkan oleh ayah. Keempat puluh delapan kromosom ini meliputi segala sesuatu yang kita warisi masing-masing. Dalam tiap-tiap kromosom, dapat berasal dari gen yang mencapai ratusan jumlahnya. Setiap gen itu, dalam hal-hal tertentu bisa mengubah keseluruhan kehidupan seseorang.

Maka sebenarnya, kita tercipta secara mengagumkan sekaligus mengerikan. Bahkan setelah ayah dan ibu kita bertemu dan menjadi suami istri, hanya terdapat satu kemungkinan di antara 300.000 bilium bagi seseorang yang dilahirkan persis seperti kita. Dengan kata lain, jika kita memiliki saudara laki-laki dan perempuan sebanyak 300.000 bilium, mereka akan berbeda dengan kita. Ini bukan hanya sekadar dugaan belaka, tetapi adalah kenyataan ilmu pengetahuan.

Sekian pembahasan mengenai Harmonis dalam Perbedaan yang Mendasari dan juga tentang Pengertian atau arti dari Yin Yang, fungsi, filosofi dan maksud dari Yin dan Yang, selamat belajar!

0 komentar

Posting Komentar