Gaya Pacaran Remaja SMA Masa Kini

>
Memahami Gaya Pacaran Remaja SMA Masa Kini - pada pembahasan materi agama Kristen kali ini akan membahas mengenai gaya berpacaran para remaja SMA disaat sekarang ini, dengan 2 contoh berita yang nantinya dapat diambil manfaat dan sebagai bahan pembelajaran, untuk lebih memahami materi kali ini dapat sobat simak penjelasan singkat berikut ini!

Pengaruh Gaya Berpacaran Remaja SMA di Masa Kini

Pelajari Amsal 23:18; 1 Korintus 3:16 , kemudian berdasarkan pemahaman kamu terhadap bagian Alkitab itu, buatlah penilaian terhadap gaya pacaran remaja pada masa kini. Apakah menurut pendapat kamu, gaya pacaran remaja Kristen pada masa kini sesuai dengan prinsip Alkitab? Jika menurut kamu sudah sesuai dengan prinsip Alkitab, apakah alas an kamu menjawab demikian? Sebaliknya, jika tidak sesuai dengan prinsip Alkitab, mengapa demikian?

Kegiatan dapat dilanjutkan dengan menonton film pendek mengenai cinta remaja dan berbagai akibat yang ditimbulkannya. Kamu dapat mendiskusikan isi film, kemudian kemukakan penilaian terhadap akibat positif maupun negatif dari pacaran di kalangan remaja. Atau pelajari dua buah kasus di bawah ini, kemudian diskusikan mengenai penyimpangan yang terjadi dalam berpacaran terutama dikaitkan dengan nilai-nilai agama dan masyarakat.
Gaya Pacaran Remaja SMA Masa Kini
Gaya Pacaran Remaja SMA Masa Kini

Putus Cinta, Inilah yang Dilakukan Remaja Galau
Kamis, 28 Juni 2012, 13:43 WIB
PEKANBARU---Rikardo, remaja belasan tahun warga Pekanbaru, Riau, sempat dinyatakan hilang sejak Senin (25/6), nekat terjun di ketinggian 300 meter mengarah ke Sungai Siak.

Ia nekat melakukan itu diduga setelah putus cinta. "Benar, tadi sekitar pukul 09.30 WIB kami telah menemukan mayat Rikardo yang hilang sejak beberapa hari lalu di Sungai Siak," kata petugas kepolisian perairan setempat, Kamis. Petugas mengakui penemuan mayat tersebut merupakan buah kerja keras tim pencari dan penyelamat termasuk dari Badan SAR Nasional (Basarnas).

Warga sekitar, Benny (36) mengakui sempat melihat kondisi mayat Rikardo sudah mulai membusuk dengan warna kulit yang telah membiru. "Tadi saya liat mayatnya sudah mulai membiru dan bau," katanya. Informasi tim penyelamat menyatakan saat ini mayat Rikardo telah dibawa ke kamar mayat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pekanbaru untuk kepentingan visum.

Sebelumnya dari keterangan seorang remaja putri, Elsita, yang tidak lain adalah mantan kekasih Rikardo dihadapan petugas kepolisian diketahui bahwa sebelum nekat terjun dari atas jembatan Sungai Siak, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, keduanya sempat terlibat perdebatan sengit. Di antara keduanya, juga ada seorang pria remaja lainnya yang mengaku juga sebagai kekasih Elsita. Dalam pertemuan itu, Elsita yang mengakui telah memacari dua pria remaja ini, memutuskan untuk memilih salah satu di antara keduanya.

Elsita yang mengaku bertemu dengan Rikardo pada Senin (25/6) malam, memutuskan untuk tidak lagi menjalin hubungan asmara dengan korban. Wanita yang juga berumur belasan tahun ini memilih untuk mengikat hubungan percintaan dengan seorang pria lainnya yang belum diketahui identitasnya. Mendengar keputusan pahit itu, Rikardo diduga kemudian melakukan aksi nekat dengan terjun ke Sungai Siak.
sumber: REPUBLIKA.CO.ID diunduh pada tanggal 29 Desember 2013

Malam Tahun Baru Banyak Digunakan Remaja Berbuat Seks Bebas
Senin, 31 Desember 2012 08:59 WIB
PALEMBANG -- Ketua Womens Crisis Center (WCC) Palembang, Yeni Roslaini Izi mengatakan, malam pergantian tahun dan hari valentine kerap digunakan pasangan remaja untuk melakukan hubungan seks bebas. Pria biasanya mengawali aksinya dengan rayuan dan janji untuk bertanggung jawab agar pasangannya yakin.

Ada juga pria yang merayu dengan meminta pembuktian cinta dan sayang dari sang kekasih. Biasanya, remaja yang larut dalam kemeriahan malam tahun baru dan hari valentin mau saja menuruti ajakan itu.

"Kami tidak pernah melihat hal itu atas dasar suka sama suka. Semuanya pasti ada latar belakang. Bisa bujuk rayu, janji-janji manis, dan ancaman pemutusan hubungan pacaran. Tetapi kami tidak mencatat jumlah pasti pemerkosaan yang terjadi di malam tahun baru dan valentin," tegas Yeni, Perbuatan itu juga tidak lepas dari lemahnya kontrol orang tua terhadap anak. Pengawasan ketat yang dilakukan sebelumnya diberikan pengecualian pulang malam di hari itu.

Beberapa pria yang mengetahui peluang itu sengaja mengajak pasangannya menginap di hotel dengan alasan pulang kemalaman. "Seharusnya, rayakanlah hari itu bersama keluarga. Wanita juga harus hati-hati, jangan mudah terpengaruh tawaran-tawaran yang mencurigakan," jelas Yeni. Yeni meminta wanita harus berani mengatakan 'tidak' untuk setiap ajakan yang dapat merugikan. Perkataan itu tentunya harus selaras dengan sikap dan perilaku. Jangan menyesal dan meminta maaf setelah mengatakan kata tersebut. Sebab, pria dapat melihat itu sebagai peluang yang dapat dimanfaatkan dikemudian hari.

"Produk permen peningkat rangsangan sex? Kami belum menemukan korban akibat modus itu di Sumsel. Namun, beberapa waktu lalu mendapatkan pesan BlackBerry dari teman di Jakarta dan Medan untuk mewaspadai beredarnya modus baru itu," kata Yeni.

Dari beberapa kasus pemerkosaan dan pelecahan seksual yang didampingi WCC diketahui, banyak korban dibujuk rayu memanfaatkan jejaring sosial di internet. Bahkan ada juga korban pemerkosaan yang sebelumnya dibuat tidak sadar setelah minum es jeruk.

Hampir semua korban pemerkosaan yang didampingi WCC itu dilakukan oleh orang terdekat. Ada yang datang dari lingkungan keluarga, pacar, tetangga, dan teman orangtua. "Kejadian itu disebabkan oleh kelakukan yang bejat. Korban yang kami dampingi itu rata-rata berusia 14-18 tahun. Usia yang dikategorikan masih labil, gampang dirayu dan diiming-imingi," kata Yeni.
Editor: Silfa Humairah
Sumber: TRIBUN-MEDAN.com pada tanggal 29 Desember 2013


Dua buah contoh kasus tersebut di atas menunjukkan bagaimana seseorang menjadi korban atas nama cinta, terjadi manipulasi dan penyimpangan terhadap cinta dan pacaran. Yang satu mengakhiri hidup karena obsesi yang begitu dalam terhadap sang pacar sedangkan kasus yang satu meminta bukti cinta, yaitu melalui hubungan seks.

Simak dua buah kasus tersebut diatas dan kemukakan pendapat kamu. Apakah dua buah kasus tersebut dapat dikategorikan sebagai penyimpangan terhadap makna orang berpacaran? Menurut kamu, apa yang seharusnya dilakukan oleh pemuda yang putus cinta itu? mencari pacar yang baru mungkin salah satu pilihan yang paling bijak dibandingkan harus terus meratapi calon suami atau istri orang, yang ternyata memang bukan jodoh terbaik yang dipilih Tuhan untuk menemani hidup kita.

Rangkuman

Orang bilang masa remaja adalah masa paling indah. Karena keindahan itulah, tiap remaja sedapat mungkin mampu menahan diri dari berbagai hal yang merugikan. Dengan begitu, mereka dapat menikmati keindahan masa remaja menuju kedewasaan. Pada saat kini, di kalangan remaja muncul pemikiran seolah-olah seseorang menjadi orang aneh jika belum berpacaran.

Kalaupun pacaran dan tidak melakukan berbagai tindakan seperti mencium dan menyentuh badan lainnya maka sikap itu dipandang kuno. Orang dapat memutuskan untuk berpacaran ataukah tidak jika ia sudah yakin akan tindakannya. Jadi keputusan untuk berpacaran haruslah berdasarkan alasan yang benar, bukan hanya karena ketertarikan fisik ataupun supaya tidak disebut sebagai manusia kuno.

Ingatlah, apa yang ditanam sekarang akan berpengaruh pada masa depan seseorang. Semua orang pernah melakukan kesalahan, namun tidak semua orang mampu untuk memperbaiki berbagai perbuatan yang salah dan menyimpang, bahkan banyak meninggalkan bekasnya. Oleh karena itu, lebih baik bagi kamu untuk mencegah diri tidak melakukan berbagai hal yang menyimpang sehingga masa muda kamu memiliki jejak yang baik dan patut ditiru oleh orang lain.

Menyanyi
Dalam rangka mewujudkan komitmenmu untuk hidup baik dan benar, nyanyikan lagu berikut bersama-sama:

Masa muda, sungguh senang
Masa penuh dengan cita-cita

Dengan api yang tak kunjung padam
Selalu membara dalam hati

Masa muda ku masa yang terindah
Masa Tuhan memanggil ku
Masa muda ku masa yang ku kenang
ku tinggalkan semua dosa ku

Reff. la…la…la…la…la…la…la… la…la…la…
la…la…la…la…la…la…la… la…la…la…
la…la…la…la…la…la…la… la…la…la…
la…la…la…la…la…la…la… la…la…

Sekian materi tentang Gaya Pacaran Remaja SMA Masa Kini dan contoh kasusnya, semoga dapat dengan mudah sobat pahami, jika bukan artikel atau materi ini yang sobat cari, mungkin artikel dibawah ini dapat menjawabnya, selamat belajar!

0 komentar

Posting Komentar