Mengapa Manusia Berbuat Jahat

>

Mengapa Manusia Berbuat Jahat

1. Nafsu yang Tidak Terkendali

Seperti halnya Watak Sejati yang di dalamnya terkandung benih-benih kebajikan: cinta kasih, kebenaran, kesusilaan, dan kebijaksanaan yang mutlak dimiliki oleh semua orang (tanpa kecuali). Begitupun halnya dengan nafsu (daya rasa) yang terdiri atas perasaan: gembira, marah, sedih, dan senang/suka adalah juga hal yang pasti dimiliki oleh semua orang.

Nafsu (daya rasa) yang disebutkan itu dapat terjadi kapan saja, dimana saja dan pada siapa saja. Manusia sering kali atau tidak mempunyai kendali atas kapan ia dilanda emosi, dan juga emosi apa yang akan melandanya, tetapi paling tidak manusia dapat memperkirakan berapa lama emosi itu akan berlangsung menguasai dirinya.

Mengapa Manusia Berbuat Jahat
Mengapa Manusia Berbuat Jahat
Banyak pengaruh dari luar yang dapat memicu timbulnya nafsu yang ada di dalam diri. Bila ‘nafsu’ di dalam diri itu telah terpicu, bersamaan dengan itu tubuh akan bergerak melakukan sesuatu, ini akan berakibat tidak baik bila berlebihan atau tidak dapat dikendalikan. Pada kondisi seperti inilah harus ada sesuatu yang dapat meredam atau mengendalikan nafsu tersebut, inilah fungsi Watak Sejati.

Nafsu, dengan kuat menggerakkan tubuh untuk melakukan hal-hal tertentu sampai sepuas-puasnya (melampaui batas-batas kewajaran). Hal ini tentu saja sangat berbahaya! Watak Sejati meredam, membendung, dan mengendalikan agar semuanya tetap berada pada batas kewajaran yang tidak melanggar nilai-nilai kemanusiaan. Dapat mengendalikan nafsu yang timbul tetap berada pada batas kewajaran (batas tengah) inilah dimaksud harmonis.

1) “Nafsu apabila dilatih dan dikendalikan, akan memiliki kebijaksanaan. Nafsu akan mampu membimbing, menggerakkan pikiran, dan menciptakan nilai-nilai bagi kelangsungan hidup kita. Tetapi nafsu dengan mudah menjadi tidak terkendali, dan hal itu memang sering kali terjadi. Masalahnya bukanlah karena nafsu itu sendiri, melainkan mengenai keselarasan antara nafsu dan cara mengekpresikannya, maka pertanyaannya adalah, “Bagaimana kita membawa kecerdasan ke dalam emosi kita?”

Mengzi berkata, “Pohon di gunung Giu, mula-mula indah dan rimbun, tetapi karena letaknya dekat dengan sebuah negeri yang besar, lalu dengan semena-mena ditebang, masih indahkah kini?” “Benar, dengan istirahat tiap hari tiap malam, disegarkan oleh hujan dan embun, tiada yang tidak bersemi dan bertunas kembali, tetapi lembusapi dan kambing-domba digembalakan di sana, menjadi gundullah dia. Orang melihat keadaan yang gundul itu lalu menganggap memang selamanya belum pernah ada pohon-pohon di sana.”

2) “Tetapi benarkah itu hakikat sifat gunung? Cinta kasih dan kebenaran yang dijaga di dalam hati manusia kalau sampai tiada lagi, tentulah karena sudah terlepas hati nuraninya (Liang Xing). Hal itu seperti pohon-pohon yang ditebang dengan kapak, kalau tiap-tiap hari ditebang, dapatkah menunjukkan keindahannya?” Kalau kemusnahan ini berulang-ulang terjadi, kesegaran yang diperoleh karena hawa malam itu tidak cukup untuk menjaganya. Bedanya dengan burung atau hewan sudah tidak jauh lagi. Kalau orang melihat keadaan yang sudah menyerupai burung atau hewan itu, ia lalu menyangka bahwa memang demikian watak dasarnya. Tetapi benarkah itu sungguh-sungguh merupakan rasa hatinya?”

3) Maka kalau dirawat baik-baik, tiada barang yang tidak akan berkembang, sebaliknya, kalau tidak dirawat baik-baik tiada barang yang tidak akan rusak.” (Mengzi. VI A: 8 ayat 1-3)

Ayat di atas menunjukkan bahwa Watak Sejati manusia yang pada dasarnya baik itu dapat dirusakkan oleh nafsu yang tidak terkendali. Jadi, bukan karena watak dasar (Watak Sejatinya) itu buruk adanya.

2. Keadaan yang Memaksa

Adakala di mana manusia dapat bertindak/berbuat buruk meski tidak ada emosi negatif (‘nafsu’) yang menguasai dirinya, tindakan itu dilakukan semata-mata karena menurutnya “tidak ada pilihan” atau “terpaksa.” Keadaanlah yang menyebabkan manusia melakukan suatu tindakan tertentu. Seperti dicontohkan dalam uraian Mengzi melalui percakapannya dengan Gaozi, yang menggambarkan hubungan Watak Sejati/sifat asli manusia dengan suatu keadaan yang memaksa.

Gaozi berkata, “Watak Sejati manusia itu laksana pusaran air, kalau diberi jalan ke timur akan mengalir ke timur, kalau diberi jalan ke barat akan mengalir ke barat. Begitupun Watak Sejati manusia itu tidak dapat membedakan antara baik atau tidak baik, seperti air tidak dapat membedakan antara timur dan barat.” (Mengzi. VI A: 2)

Mengzi berkata, “Air memang tidak dapat membedakan antara timur dan barat, tetapi tidak dapatkah membedakan antara atas dan bawah?” “Watak Sejati manusia itu cenderung kepada baik, laksana air mengalir ke bawah, orang tidak ada yang tidak cenderung kepada baik, seperti air tidak ada yang tidak cenderung mengalir ke bawah.” (Mengzi. VI A: 3)

“Kini kalau air itu ditepuk dapat terlontar naik sampai melewati dahi, dengan membendung dan memberi saluran-saluran, air dapat dipaksa mengalir sampai ke gunung. Tetapi benarkah ini watak air? Itu tentu bukanlah hal yang sewajarnya. Begitupun kalau orang sampai menjadi tidak baik, tentulah karena Watak Sejatinya diperlakukan seperti itu juga.”

Secara alami air tidak ada yang tidak mengalir ke bawah, dan manusia tidak ada yang tidak cenderung kepada baik. Tetapi bila keadaan memaksa air dapat juga mengalir ke atas, begitupun manusia, jika keadaan memaksa dapat juga berbuat tidak baik (tidak sesuai dengan sifat alaminya).

Ketika air harus mengalir ke atas melawan kodratnya, tentu tidak menjadi persoalan. Tetapi jika manusia yang kodratnya adalah baik jika menjadi tidak baik karena keadaan yang memaksa, tentu akan menjadi persoalan. Air adalah sebuah benda (bukan makhluk), jadi ia tidak dapat melawan jika diperlakukan (dikondisikan) untuk melawan sifat alaminya. Tetapi manusia sebagai makhluk yang diberi Watak Sejati dan dorongan perasaan sebagai kemampuan untuk melawan, jika karena keadaan memaksa lalu menjadi marah dan ganas (berbuat melawan sifat alaminya).

Agama diciptakan untuk satu keperluan, membimbing manusia menempuh Jalan Suci dan dapat mengerti bagaimana mengendalikan setiap kondisi tidak baik yang timbul oleh nafsu (gejolak rasa) ataupun oleh keadaan yang memaksa. Mengzi berkata, “Pada tahun-tahun yang makmur, anak-anak dan pemudapemuda kebanyakan berkelakuan baik, tetapi pada tahun-tahun paceklik, anak-anak dan pemuda-pemuda kebanyakan berkelakuan buruk.”

“Hal ini bukan karena Tuhan Yang Maha Esa menurunkan watak yang berlainan, melainkan karena hatinya telah terdesak dan tenggelam di dalam keadaan yang buruk.” (Mengzi. Bab VI A: 7)

3. Kebiasaan Buruk

Kebiasaan adalah suatu tindakan yang dilakukan berulang-ulang (kontiniu). Kebiasaan merupakan sebuah latihan bagi tubuh. Artinya, bahwa suatu tindakan yang dilakukan secara berulang-ulang dapat menjadikan tubuh kita terlatih untuk selanjunya dapat melakukannya dengan fasih. Oleh karenanya, kebiasaan sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter seseorang. Orang yang biasa berbuat baik akan cenderung untuk terus berbuat baik. Sebaliknya orang yang biasa berbuat/berperilaku tidak baik juga akan cenderung untuk terus melakukannya.

Orang biasa bangun pagi cenderung untuk terus bangun pagi. Sebaliknya yang biasa bangun siang cenderung untuk terus bangun siang. Tubuh yang sedang istirahat cenderung untuk terus istirahat, dan tubuh yang sedang bergerak cenderung untuk terus bergerak dalam kecepatan dan arah yang sama, kecuali ada kemauan yang keras untuk mengubahnya, dan memang dibutuhkan energi yang besar untuk mengubahnya.

Orang yang berhasil cenderung untuk tetap berhasil, yang bergembira cenderung untuk tetap bergembira, yang dihormati cenderung untuk tetap dihormati, dan yang mencapai cita-citanya cenderung untuk tetap mencapai cita-citanya. Maka, dapat disimpulkan bahwa suatu perbuatan/tindakan yang dilakukan berulang-ulang akan cenderung untuk terus dilakukan. Oleh karena itu, sedini mungkin hindari kebiasaan-kebiasaan buruk, karena akan berpengaruh buruk pula pada pembentukan karakter kita. Nabi Kongzi bersabda, “Watak Sejati itu bersifat saling mendekatkan, dan kebiasaan saling menjauhkan.” (Lunyu. XVII: 2). Dalam kesempatan yang lain Nabi Kongzi juga menasihatkan melalui sabdanya, “Periksalah keburukan dari sesuatu yang kita sukai, dan periksalah kebaikan dari sesuatu yang tidak kita sukai.”

4. Kurangnya Pendidikan

Tidak dapat dipungkiri, bahwa pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter seseorang. Walaupun bukan merupakan satu-satunya faktor penentu, pendidikan tetaplah memiliki sumbangan yang sangat besar dalam membentuk perilaku seseorang. Kongzi bersabda, “Ada pendidikan tiada perbedaan.” (Lunyu. X: 39)

Seperti telah diuraikan sebelumnya, bahwa manusia dibekali Watak Sejati oleh Tuhan Yang Maha Esa sebagai kemampuan luhur bagi manusia, kenyataan ini menjadikan manusia berpotensi untuk menjadi manusia Junzi (berbudi luhur). Tetapi, kemampuan yang dimiliki manusia itu masih memerlukan upaya-upaya, karena banyak faktor yang dapat menjadikan potensi yang ada itu menjadi hilang. Lingkungan keluarga tempat kita dilahirkan dan dibesarkan merupakan lingkungan pertama yang kita kenal. Individu-individu yang ada di dalamnya merupakan individu-individu yang paling dekat dengan kita. Maka, lingkungan ini cukup berperan dalam pembentukan karakter seseorang.

Di samping faktor lingkungan keluarga, kebiasaan seseorang juga menjadi faktor yang ikut menentukan pembentukan karakter seseorang. Sifat dasar manusia itu sama, kebiasaan merekalah yang membuat berlainan. Maka, sekalipun manusia memiliki potensi untuk menjadi manusia yang sempurna dalam usahanya menempuh Jalan Suci, manusia masih harus mengupayakannya dengan belajar dan terus belajar.

Ada orang yang sejak lahir sudah bijaksana, tetapi ada yang harus melalui proses belajar terlebih dahulu. Hal ini bertujuan menekankan bahwa perbedaan pada diri manusia disebabkan oleh perbedaan pendidikan, bukan dari sifat dasarnya. Maka, melalui pendidikanlah manusia belajar hingga mengerti bagaimana memanfaatkan potensi yang ada di dalam dirinya.

Melalui pendidikanlah manusia dapat mengerti bagaimana mengendalikan nafsu (gejolak rasa) yang ada di dalam dirinya agar tetap berada di batas tengah. Melalui pendidikanlah manusia dapat mengerti bagaimana menghindari kebiasaan buruknya. Melalui pendidikan pulalah manusia dapat bertahan pada fitrahnya yang suci. Maka, jika semua manusia mendapat pendidikan yang cukup, semuanya mampu menjadi manusia yang sempurna tanpa ada perbedaaan, untuk kembali pada fitrahnya yang suci karena memang fitrah manusia adalah sama.

Nabi Kongzi merasa bertanggung jawab untuk membuka pintu pendidikan bagi semua orang tanpa membedakan kelas dan status sosialnya. Beliau mempunyai murid 3.000 orang. Murid Nabi Kongzi terdiri atas berbagai lapisan masyarakat, termasuk para pemuda di zaman itu, di antaranya berasal dari rakyat jelata. Di zaman sebelum, agama Khonghucu berkembang di dalam kalangan istana, yang terdiri atas para bangsawan. Rakyat biasa hanya boleh bersembahyang di altar leluhurnya sendiri. Hanya Raja yang boleh beribadah kehadirat Tian Yang Maha Esa.

Berkat Nabi Kongzi, maka agama Khonghucu kemudian menjadi agama universal yang dipeluk oleh siapa pun juga, tanpa memandang tingkat sosialnya. Beliau tidak pernah membedakan para murid berdasarkan asal-usul dan golongan. Maka, terkenallah sabda Beliau: ”Ada Pendidikan, Tiada Perbedaan.

0 komentar

Posting Komentar