Macam-Macam Seni dan Budaya Pengaruh Kebudayaan Agama Budha - Pada artikel kali ini yang membahas materi agama Budha mengenai pengertian, hubungan, perbedaan, definisi seni budaya di Indonesia khususnya dalam ajaran Budha, dan juga tentang macam-macam seni dan budaya diantaranya seni sastra, seni suara dan gerak, seni rupa serta contoh dari masing-masing bidang seni tersebut, untuk lebih jelasnya dapat disimak dalam penjelasan berikut ini!
Di Jawa tidak ditemukan peninggalan naskah yang menjadi bagian atau terjemahan dari Kitab Suci Tripitaka tetapi terdapat sejumlah karya sastra dalam bahasa Kawi. Karya sastra itu antara lain Sanghyang Kamahayanikan, Sanghyang Kamahayanan Mantrayana, Kunjara Karnna dan Sutasoma. Ada yang berbentuk prosa, ada yang berbentuk puisi kakawin. Di Tiongkok dan Jepang tradisi Zen mengembangkan syair-syair yang menunjukkan sejauh mana pencerahan itu tercapai.
Diterjemahkan oleh Baruna
Atthisena - Jataka
”Atthisena, banyak pengemis...”. -Kisah ini diceritakan oleh Sang Guru ketika tinggal di sebuah vihara bernama Aggalava dekat Alavi, berhubungan dengan peraturan-peraturan bangunan biara. Hal tersebut dikatakan di dalam kelahiran Manikantha. Guru berkata kepada Brethren: ”Brethren, pada mulanya [352] sebelum Buddha dilahirkan di dunia, pendeta-pendeta dari agama lain, walaupun ditawarkan pilihan mereka oleh raja-raja, tidak pernah menanyakan untuk sumbangan, memegang teguh bahwa meminta dari orang lain adalah tidak dapat disetujukan atau dibenarkan,” dan selanjutnya Beliau menceritakan sebuah cerita yang sudah tua.
Pada suatu waktu ketika brahmadatta berkuasa di Benares, seorang Bodhisatta dilahirkan di sebuah rumah tangga brahmin di sebuah desa, dan mereka menamakannya Atthisena muda. Ketika beliau bertumbuh dewasa, beliau belajar semua seni-seni Takkasila, dan setelah itu melihat kesedihan dari keinginan-keinginan beliau mengambil hidup beragama, dan mencari kepandaian dan penerangan yang lebih tinggi, beliau tinggal lama di Himalaya: selanjutnya datang orang-orang untuk mengambil garam dan cuka, beliau sampai di Benares, dan sesudah tinggal di sebuah taman beliau datang memohon hari selanjutnya ke istana raja.
Raja sangat gembira dengan keberadaan dan tingkah lakunya, mengirim beliau, dan menempatkan beliau di sebuah tempat duduk di teras, memberikan beliau makanan yang lezat: selanjutnya menerima tanda terimakasih beliau raja sangat gembira, dan membuat janji akan membuat tempat tinggal Bodhisatta di taman kerajaan dan pergi untuk menemui beliau dua atau tiga kali sehari. Suatu hari, raja yang gembira dengan khotbah Bodhisatta tentang peraturan, memberinya pilihan: ”Katakan pada saya, apapun yang anda inginkan, mulai dari kerajaanku.” Bodhisatta tidak mengatakan, ”berikan saya ini dan itu,” Yang lain meminta apapun yang mereka inginkan, mengatakan , berikan saya ini, dan raja memberikannya, bila tidak berhubungan.
Suatu hari raja berpikir.” para pengikut dan pengemis menanyakan saya untuk memberikan kepada mereka ini dan itu; tetapi Atthisena yang terhormat, sejak saya memberikan beliau pilihan tidak meminta apa-apa: dia bijaksana dan pandai dalam segala hal: saya akan menanyakan beliau:” Maka suatu hari setelah makan pagi dia duduk di satu bagian, dan menanyakan beliau penyebab dari orang lain membuat permintan dan beliau tidak, dia berkata pada bait yang pertama: Atthisena, banyak pengemis, meskipun mereka sangat asing, Menekan saya dengan permintaan: Mengapa anda tidak ada permintaan kepada saya?
[353] mendengarnya Bodhisatta berbicara mengucapkan bait ke dua, Tidak meminta, maupun menolak sebuah permintaan, dapat disenangkan: Itulah sebabnya, harap jangan marah, mengapa saya tidak ada permintaan pada yang mulia. Mendengar kata-kata beliau, raja berbicara dengan mengucapkan tiga bait: Dia yang hidup dari meminta, dan tidak ada alasan yang tepat meminta, Membuat kehancuran yang lain dari kebahagiaan, Gagal untuk mendapatkan sebuah kehidupan.
Dia yang hidup dari meminta, dan mempunyai alasan yang tepat meminta, Membuat orang lain memenangkan kebahagiaan, Mendapatkan dengan dirinya sendiri sebuah kehidupan.
Orang-orang bijaksana tidak akan marah ketika mereka melihat para peminta minta; Katakan, teman saya yang suci; menganugerahkan orang yang meminta adalah tidak akan pernah salah.
[354] Maka Bodhisatta, meskipun diberikan pilihan oleh kerajaan, tidak membuat permintaan. Ketika harapan raja telah terlalu tepat, Bodhisatta menunjukkannya kata-kata dan cara pendeta berkata,” Oh raja yang agung, permintaan-permintaan ini lebih disukai oleh para orang yang mempunyai keinginan duniawi dan para rumah tangga, bukan para pendeta: dari kehidupan mereka pendeta harus mempunyai sebuah kehidupan yang suci tidak seperti sebuah rumah tangga:” dan menunjukkan caranya pendeta, beliau berkata bait yang ke enam. Orang yang bijaksana membuat permintaan, orang berbudi harus tahu: Pendiam mendirikan permintaan: orang bijaksana membuat permintaan juga.
[355] Raja mendengar kata-kata Bodhisatta berkata. ”Tuan, bila seorang pelayan bijaksana dari kepandaiannya memberikan apa yang harus diberikan kepada temannya, maka saya akan memberikan segalanya,” selanjutnya dia berkata bait yang ke tujuh: Brahmin, Saya menawarkan anda seribu Ketika mengatakan ini, Bodhisatta menolak, berkata, ”Raja yang agung, saya mengambil kehidupan agama yang bebas dari kekotoran: Saya tidak memerlukan.” Raja mengikuti nasihatnya; melakukan sumbangan dan hal-hal yang baik sehingga dia menjadi takdir ke surga, Dan tidak jatuh jauh dari meditasi, dan lahir di dunia brahma.
Setelah pelajaran, Guru mengatakan kebenaran dan menunjukkan kelahiran; setelah kebenaran banyak yang diumumkan sebagai keterpenuhan dari jalan pertama;” Pada waktu itu raja adalah Ananda, Atthisena adalah saya.
Dalam menyampaikan ajaranNya, Buddha juga berpuisi, namun tentu saja tidak bermaksud menjadi penyair. Apa yang disebut gatha adalah ajaran yang di ucapkan dalam bentuk syair, dan geya adalah khotbah dengan gaya bahasa prosa yang diikuti sebagai pengulangan dan ringkasan. Jataka merupakan kumpulan cerita mengenai Bodhisatva. Kitab yang terdiri dari enam jilid itu memuat 547 judul cerita. Orang-orang boleh menyangkal suatu ajaran atau kebenaran, tetapi ia mungkin tidak menolak suatu cerita dan karya sastra lain. Pandangan yang sama dapat diberlakukan untuk berbagai karya seni lain.
Konon Buddha Gotama saat masih sebagai Bodhisattwa meninggalkan cara bertapa yang ekstrem setelah mendengar lirik lagu mengenai bagaimana baiknya menyetel senar kecapi. Buddha juga memberi petunjuk kepada seorang petapa untuk belajar dengan menghindari cara yang ekstrem seperti menyetel senar alat musik itu (Sutra 42 Bagian).
Lewat kesenian kita bisa membangkitkan semangat dan motivasi untuk berjuang mencapai kehidupan yang lebih baik, termasuk mengumandangkan sabda Buddha. Seni atau suatu karya yang memiliki unsur keindahan memang seharusnya mampu menggerakkan hati seseorang agar menjadi senang dan mungkin membebaskannya dari niat yang buruk. Bagi sebagian orang, menyanyi dan musik yang mengiringinya dapat diterima sebagai bagian dari upacara yang khusyuk, baik memuliakan Buddha atau melembutkan hati umatnya.
Pada umumnya seni suara dikolaborasi dengan seni gerak, artinya seni suara sering diikuti oleh gerakan-gerakan tarian, demikian sebaliknya seni gerak atau tari dapat dipastikan diiringi oleh musik maupun suara. Hal ini tidak lain karena keduanya memang menjadi satu kesatuan yang saling melengkapi.
Dalam agama Buddha, musik, tari, dan pertunjukan kurang mendapat perhatian, karna salah satu sila bagi pabbajjita tingkat lanjut adalah menghindarinya. Latihan sila ini mencontoh sikap para Arahat. Contohnya, Nataputtaka meninggalkan pekerjaannya semula yaitu menyanyi dan menari setelah ditahbiskan menjadi bhikhu. Ketika melihat orang yang sedang menari, para bhikhu bertanya kepada Nataputtaka, apakah ia masih menyukai tarian. Jawabnya, tidak. Dengan cara itu Nataputtaka ingin menegaskan bahwa ia telah mencapai tingkat kesucian. Buddha membenarkannya, seorang Arahat telah meninggalkan semua ikatan kemelekatan dan mengatasi kesenangan terhadap semua hal (DhpA. 417-418).
Seni tari dalam konteks Buddhis sering dimunculkan dalam kegeiatan-kegiatan tertentu seperti perayaan dharmasati Waisak, pentas seni Buddhis, bahkan sampai pada perlombaan Buddhis; Hal ini tidak lain untuk menampilkan kreasi generasi muda Buddha yang bercirikan Budhis. Seni tari yang merupakan hasil kreasi generasi muda Buddhis merupakan karya seni yang pantas menjadi kebanggaan umat Buddhis. Dapat dipahami bahwa seni tari yang bernafaskan Buddhis tentu dengan polarisasi kelembutan dan kedamaian.
Ajanta di India terkenal dengan gua-gua artistik tahun 200-700. Terdapat duapuluh sembilan gua, sepanjang lebih dari 5,6 Km, dengan lukisan dinding mengenai riwayat hidup Buddha Gotama, termasuk yang bersumber dari Jataka. Empat gua dinamakan cetya dan memiliki stupa-stupa. Karya seni tersebut dapat menunjukkan gambaran detail kehidupan Buddha di India pada awal Masehi.
Setiap vihara dengan berbagai mazhab tentu memiliki perbedaan dalam penampilan dan bentuk bagunan serta ornamen vihara. Demikian juga dengan patung-patung Buddha juga yang berbeda-beda. Buddha tidak pernah memerintahkan atau membuat peraturan untuk vihara, patung, candi dibuat secara seragam.
Jadi semua yang ada hanyalah hasil karya seni manusia yang tinggi sehingga pantas dan layak dijadikan sebagai simbol dan obyek dalam mengembangkan dan memahami ajaran Buddha, sehingga mudah juga mengembangkan kebajikan.
Dalam menyampaikan ajaranNya, Buddha juga berpuisi, namun tentu saja tidak bermaksud menjadi penyair. Apa yang disebut gatha adalah ajaran yang diucapkan dalam bentuk syair, dan geya adalah khotbah dengan gaya bahasa prosa yang diikuti sejak sebagai pengulangan dan ringkasan.
Dalam agama Buddha, musik, tari dan pertunjukan kurang mendapat perhatian, karena salah satu sila bagi agamawan tingkat lanjut adalah menghindarinya. Latihan sila ini mencontoh sikap para Arahat. Contohnya, Nataputtaka meninggalkan pekerjaannya semula yaitu menyanyi dan menari setelah ditahbiskan menjadi bhikhu.
Lukisan dan relief di wihara atau candi mengungkapkan riwayat hidup Buddha dan Bhodisattva. Ajanta di India terkenal dengan gua-gua artistik, kara tahun 200-700. Terdapat duapuluh sembilan gua, sepanjang lebih dari 5,6 km, dengan lukisan dinding mengenai riwayat hidup Buddha Gotama.
Bagi orang yang memiliki keyakinan dan sila yang sempurna, akan memperoleh nama harum dan kekayaan, pergi ke tempat manapun ia akan selalu dihormati. (Dhammapada 302)
Meskipun dari jauh, orang baik akan terlihat bersinar bagaikan puncak pegunungan Himalaya. Tetapi meskipun dekat, orang jahat tidak akan terlihat, bagaikan anak panah yang dilepaskan pada malam hari. (Dhammapada 303)
Sekian pembahasan mengenai Macam-Macam Seni dan Budaya Pengaruh Kebudayaan Agama Budha dan juga tentang pengertian, hubungan, perbedaan, definisi dari seni sastra, seni suara dan gerak, seni rupa semoga mudah dipahami, selamat belajar!
Macam-Macam Kesenian dan Kebudayaan Agama Budha di Indonesia
1. Seni Sastra bercorak Buddhis
Oleh karena keindahan merupakan pengalaman yang disadari, keindahan itu dapat diungkapkan baik melalui kata-kata maupun melalui media lain. Dalam menyampaikan ajaran-Nya Buddha juga berpuisi, namun tentu saja tidak bermaksud menjadi penyair. Apa yang disebut gatha adalah ajaran yang diucapkan dalam bentuk syair, dan geya adalah khotbah dengan gaya bahasa prosa yang diikuti sajak sebagai pengulangan dan ringkasan. Para pujangga menulis tentang apa yang diajarkan dan yang bersemangatkan ajaran Buddha dengan gayanya sendiri secara kreatif. Karya-karya sastra itu sering dipandang sebagai tafsir ajaran menurut latar belakang budaya penulisnya. Buddhacarita misalnya, adalah syair berupa epos yang ditulis oleh Asvaghosha mengenai riwayat hidup Buddha.Macam-Macam Seni dan Budaya Pengaruh Kebudayaan Agama Budha |
Di Jawa tidak ditemukan peninggalan naskah yang menjadi bagian atau terjemahan dari Kitab Suci Tripitaka tetapi terdapat sejumlah karya sastra dalam bahasa Kawi. Karya sastra itu antara lain Sanghyang Kamahayanikan, Sanghyang Kamahayanan Mantrayana, Kunjara Karnna dan Sutasoma. Ada yang berbentuk prosa, ada yang berbentuk puisi kakawin. Di Tiongkok dan Jepang tradisi Zen mengembangkan syair-syair yang menunjukkan sejauh mana pencerahan itu tercapai.
Diterjemahkan oleh Baruna
Atthisena - Jataka
”Atthisena, banyak pengemis...”. -Kisah ini diceritakan oleh Sang Guru ketika tinggal di sebuah vihara bernama Aggalava dekat Alavi, berhubungan dengan peraturan-peraturan bangunan biara. Hal tersebut dikatakan di dalam kelahiran Manikantha. Guru berkata kepada Brethren: ”Brethren, pada mulanya [352] sebelum Buddha dilahirkan di dunia, pendeta-pendeta dari agama lain, walaupun ditawarkan pilihan mereka oleh raja-raja, tidak pernah menanyakan untuk sumbangan, memegang teguh bahwa meminta dari orang lain adalah tidak dapat disetujukan atau dibenarkan,” dan selanjutnya Beliau menceritakan sebuah cerita yang sudah tua.
Pada suatu waktu ketika brahmadatta berkuasa di Benares, seorang Bodhisatta dilahirkan di sebuah rumah tangga brahmin di sebuah desa, dan mereka menamakannya Atthisena muda. Ketika beliau bertumbuh dewasa, beliau belajar semua seni-seni Takkasila, dan setelah itu melihat kesedihan dari keinginan-keinginan beliau mengambil hidup beragama, dan mencari kepandaian dan penerangan yang lebih tinggi, beliau tinggal lama di Himalaya: selanjutnya datang orang-orang untuk mengambil garam dan cuka, beliau sampai di Benares, dan sesudah tinggal di sebuah taman beliau datang memohon hari selanjutnya ke istana raja.
Raja sangat gembira dengan keberadaan dan tingkah lakunya, mengirim beliau, dan menempatkan beliau di sebuah tempat duduk di teras, memberikan beliau makanan yang lezat: selanjutnya menerima tanda terimakasih beliau raja sangat gembira, dan membuat janji akan membuat tempat tinggal Bodhisatta di taman kerajaan dan pergi untuk menemui beliau dua atau tiga kali sehari. Suatu hari, raja yang gembira dengan khotbah Bodhisatta tentang peraturan, memberinya pilihan: ”Katakan pada saya, apapun yang anda inginkan, mulai dari kerajaanku.” Bodhisatta tidak mengatakan, ”berikan saya ini dan itu,” Yang lain meminta apapun yang mereka inginkan, mengatakan , berikan saya ini, dan raja memberikannya, bila tidak berhubungan.
Suatu hari raja berpikir.” para pengikut dan pengemis menanyakan saya untuk memberikan kepada mereka ini dan itu; tetapi Atthisena yang terhormat, sejak saya memberikan beliau pilihan tidak meminta apa-apa: dia bijaksana dan pandai dalam segala hal: saya akan menanyakan beliau:” Maka suatu hari setelah makan pagi dia duduk di satu bagian, dan menanyakan beliau penyebab dari orang lain membuat permintan dan beliau tidak, dia berkata pada bait yang pertama: Atthisena, banyak pengemis, meskipun mereka sangat asing, Menekan saya dengan permintaan: Mengapa anda tidak ada permintaan kepada saya?
[353] mendengarnya Bodhisatta berbicara mengucapkan bait ke dua, Tidak meminta, maupun menolak sebuah permintaan, dapat disenangkan: Itulah sebabnya, harap jangan marah, mengapa saya tidak ada permintaan pada yang mulia. Mendengar kata-kata beliau, raja berbicara dengan mengucapkan tiga bait: Dia yang hidup dari meminta, dan tidak ada alasan yang tepat meminta, Membuat kehancuran yang lain dari kebahagiaan, Gagal untuk mendapatkan sebuah kehidupan.
Dia yang hidup dari meminta, dan mempunyai alasan yang tepat meminta, Membuat orang lain memenangkan kebahagiaan, Mendapatkan dengan dirinya sendiri sebuah kehidupan.
Orang-orang bijaksana tidak akan marah ketika mereka melihat para peminta minta; Katakan, teman saya yang suci; menganugerahkan orang yang meminta adalah tidak akan pernah salah.
[354] Maka Bodhisatta, meskipun diberikan pilihan oleh kerajaan, tidak membuat permintaan. Ketika harapan raja telah terlalu tepat, Bodhisatta menunjukkannya kata-kata dan cara pendeta berkata,” Oh raja yang agung, permintaan-permintaan ini lebih disukai oleh para orang yang mempunyai keinginan duniawi dan para rumah tangga, bukan para pendeta: dari kehidupan mereka pendeta harus mempunyai sebuah kehidupan yang suci tidak seperti sebuah rumah tangga:” dan menunjukkan caranya pendeta, beliau berkata bait yang ke enam. Orang yang bijaksana membuat permintaan, orang berbudi harus tahu: Pendiam mendirikan permintaan: orang bijaksana membuat permintaan juga.
[355] Raja mendengar kata-kata Bodhisatta berkata. ”Tuan, bila seorang pelayan bijaksana dari kepandaiannya memberikan apa yang harus diberikan kepada temannya, maka saya akan memberikan segalanya,” selanjutnya dia berkata bait yang ke tujuh: Brahmin, Saya menawarkan anda seribu Ketika mengatakan ini, Bodhisatta menolak, berkata, ”Raja yang agung, saya mengambil kehidupan agama yang bebas dari kekotoran: Saya tidak memerlukan.” Raja mengikuti nasihatnya; melakukan sumbangan dan hal-hal yang baik sehingga dia menjadi takdir ke surga, Dan tidak jatuh jauh dari meditasi, dan lahir di dunia brahma.
Setelah pelajaran, Guru mengatakan kebenaran dan menunjukkan kelahiran; setelah kebenaran banyak yang diumumkan sebagai keterpenuhan dari jalan pertama;” Pada waktu itu raja adalah Ananda, Atthisena adalah saya.
---
Karna keindahan merupakan pengalaman yang disadari, keindahan itu dapat diungkapkan baik melalui kata-kata maupun melalui media lain. Kata-kata, misalnya, media yang dengan sadar dipakai oleh penyair untuk mengungkapkan cita rasa keindahannya. Seorang penyair juga tahu pesan apa yang ingin disampaikannya melalui untaian kata-kata indah.Dalam menyampaikan ajaranNya, Buddha juga berpuisi, namun tentu saja tidak bermaksud menjadi penyair. Apa yang disebut gatha adalah ajaran yang di ucapkan dalam bentuk syair, dan geya adalah khotbah dengan gaya bahasa prosa yang diikuti sebagai pengulangan dan ringkasan. Jataka merupakan kumpulan cerita mengenai Bodhisatva. Kitab yang terdiri dari enam jilid itu memuat 547 judul cerita. Orang-orang boleh menyangkal suatu ajaran atau kebenaran, tetapi ia mungkin tidak menolak suatu cerita dan karya sastra lain. Pandangan yang sama dapat diberlakukan untuk berbagai karya seni lain.
2. Seni Suara dan Gerak bercorak Buddhis
Dalam agama Buddha, musik, tari, dan pertunjukan kurang mendapat perhatian, karena salah satu sila bagi agamawan tingkat lanjut adalah menghindarinya. Menjelang saat parinirwana, suara musik surgawi terdengar dari angkasa memuliakan Buddha Sakyamuni. Orang-orang pun menghormati jenazah Bhagawa dengan persembahan tari, lagu pujian dan musik (D.II. 138 & 159).Konon Buddha Gotama saat masih sebagai Bodhisattwa meninggalkan cara bertapa yang ekstrem setelah mendengar lirik lagu mengenai bagaimana baiknya menyetel senar kecapi. Buddha juga memberi petunjuk kepada seorang petapa untuk belajar dengan menghindari cara yang ekstrem seperti menyetel senar alat musik itu (Sutra 42 Bagian).
Lagu kami memuja agama budha |
Lewat kesenian kita bisa membangkitkan semangat dan motivasi untuk berjuang mencapai kehidupan yang lebih baik, termasuk mengumandangkan sabda Buddha. Seni atau suatu karya yang memiliki unsur keindahan memang seharusnya mampu menggerakkan hati seseorang agar menjadi senang dan mungkin membebaskannya dari niat yang buruk. Bagi sebagian orang, menyanyi dan musik yang mengiringinya dapat diterima sebagai bagian dari upacara yang khusyuk, baik memuliakan Buddha atau melembutkan hati umatnya.
Pada umumnya seni suara dikolaborasi dengan seni gerak, artinya seni suara sering diikuti oleh gerakan-gerakan tarian, demikian sebaliknya seni gerak atau tari dapat dipastikan diiringi oleh musik maupun suara. Hal ini tidak lain karena keduanya memang menjadi satu kesatuan yang saling melengkapi.
Seni tari |
Dalam agama Buddha, musik, tari, dan pertunjukan kurang mendapat perhatian, karna salah satu sila bagi pabbajjita tingkat lanjut adalah menghindarinya. Latihan sila ini mencontoh sikap para Arahat. Contohnya, Nataputtaka meninggalkan pekerjaannya semula yaitu menyanyi dan menari setelah ditahbiskan menjadi bhikhu. Ketika melihat orang yang sedang menari, para bhikhu bertanya kepada Nataputtaka, apakah ia masih menyukai tarian. Jawabnya, tidak. Dengan cara itu Nataputtaka ingin menegaskan bahwa ia telah mencapai tingkat kesucian. Buddha membenarkannya, seorang Arahat telah meninggalkan semua ikatan kemelekatan dan mengatasi kesenangan terhadap semua hal (DhpA. 417-418).
Seni tari dalam konteks Buddhis sering dimunculkan dalam kegeiatan-kegiatan tertentu seperti perayaan dharmasati Waisak, pentas seni Buddhis, bahkan sampai pada perlombaan Buddhis; Hal ini tidak lain untuk menampilkan kreasi generasi muda Buddha yang bercirikan Budhis. Seni tari yang merupakan hasil kreasi generasi muda Buddhis merupakan karya seni yang pantas menjadi kebanggaan umat Buddhis. Dapat dipahami bahwa seni tari yang bernafaskan Buddhis tentu dengan polarisasi kelembutan dan kedamaian.
3. Seni Rupa bercorak Buddhis
Karya seni berupa patung, lukisan, kerajinan, dan arsitektur terutama terkait dengan sarana peribadatan yang kaya dengan simbol-simbol keagamaan. Lukisan dan relief di wihara atau candi mengungkapkan riwayat hidup Buddha dan Bodhisattwa. Karya seni berupa patung, lukisan, kerajinan, dan arsitektur terutama terkait dengan sarana peribadatan yang kaya dengan simbol-simbol keagamaan. Lukisan dan relief di wihara atau candi mengungkapkan riwayat hidup Buddha dan Bhodisattva.relief borobudur |
Ajanta di India terkenal dengan gua-gua artistik tahun 200-700. Terdapat duapuluh sembilan gua, sepanjang lebih dari 5,6 Km, dengan lukisan dinding mengenai riwayat hidup Buddha Gotama, termasuk yang bersumber dari Jataka. Empat gua dinamakan cetya dan memiliki stupa-stupa. Karya seni tersebut dapat menunjukkan gambaran detail kehidupan Buddha di India pada awal Masehi.
patung budha dan stupa |
Setiap vihara dengan berbagai mazhab tentu memiliki perbedaan dalam penampilan dan bentuk bagunan serta ornamen vihara. Demikian juga dengan patung-patung Buddha juga yang berbeda-beda. Buddha tidak pernah memerintahkan atau membuat peraturan untuk vihara, patung, candi dibuat secara seragam.
Jubah Bhikkhu Thailand |
relief budha |
Jadi semua yang ada hanyalah hasil karya seni manusia yang tinggi sehingga pantas dan layak dijadikan sebagai simbol dan obyek dalam mengembangkan dan memahami ajaran Buddha, sehingga mudah juga mengembangkan kebajikan.
Rangkuman
Seni merupakan bagian dari kebudayaan. Istilah ini selain diartikan sebagai keahlian mengekspresikan ide estetika, menciptakan suatu karya yang bermutu; juga dimaksudkan karya yang diciptakan dengan keahlian. Seni murni dalam bahasa Perancis beaux-arts, lebih merujuk kepada estetika atau keindahan semata-mata. Seni budaya berkenaan dengan keahlian untuk menghasilkan sesuatu dalam bentuk tulisan, percakapan dan benda bermanfaat yang diperindah.Dalam menyampaikan ajaranNya, Buddha juga berpuisi, namun tentu saja tidak bermaksud menjadi penyair. Apa yang disebut gatha adalah ajaran yang diucapkan dalam bentuk syair, dan geya adalah khotbah dengan gaya bahasa prosa yang diikuti sejak sebagai pengulangan dan ringkasan.
Dalam agama Buddha, musik, tari dan pertunjukan kurang mendapat perhatian, karena salah satu sila bagi agamawan tingkat lanjut adalah menghindarinya. Latihan sila ini mencontoh sikap para Arahat. Contohnya, Nataputtaka meninggalkan pekerjaannya semula yaitu menyanyi dan menari setelah ditahbiskan menjadi bhikhu.
Lukisan dan relief di wihara atau candi mengungkapkan riwayat hidup Buddha dan Bhodisattva. Ajanta di India terkenal dengan gua-gua artistik, kara tahun 200-700. Terdapat duapuluh sembilan gua, sepanjang lebih dari 5,6 km, dengan lukisan dinding mengenai riwayat hidup Buddha Gotama.
Renungan
Sungguh sukar untuk menempuh kehidupan tanpa rumah (pabbajja); sungguh sukar untuk bergembira dalam menempuh kehidupan tanpa rumah. Kehidupan rumah tangga adalah sukar dan menyakitkan. Tinggal bersama mereka yang tidak sesuai sunguh menyakitkan, hidup mengembara dalam samsara juga menyakitkan. Karena itu jangan menjadi pengembara (dalam samsara), atau menjadi pengejar penderitaan. (Dhammapada 301)Bagi orang yang memiliki keyakinan dan sila yang sempurna, akan memperoleh nama harum dan kekayaan, pergi ke tempat manapun ia akan selalu dihormati. (Dhammapada 302)
Meskipun dari jauh, orang baik akan terlihat bersinar bagaikan puncak pegunungan Himalaya. Tetapi meskipun dekat, orang jahat tidak akan terlihat, bagaikan anak panah yang dilepaskan pada malam hari. (Dhammapada 303)
Sekian pembahasan mengenai Macam-Macam Seni dan Budaya Pengaruh Kebudayaan Agama Budha dan juga tentang pengertian, hubungan, perbedaan, definisi dari seni sastra, seni suara dan gerak, seni rupa semoga mudah dipahami, selamat belajar!
0 komentar
Posting Komentar