Manusia Dianugerahi Tuhan dengan Kemampuan untuk Merasa Tertarik pada Lawan Jenis

>
Manusia Dianugerahi Tuhan dengan Kemampuan untuk Merasa Tertarik pada Lawan Jenis - Pada pembahasan agama Kristen kali ini akan membahas mengenai anugerah tuhan kepada manusia yang berupa rasa tertarik terhadap lawan jenis, hal ini tentu saja dapat berdampak positif dan negatif karena itu lah memahami materi kali ini akan membuat sobat dapat menyemarakan hidup didunia menjadi lebih baik lagi, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada penjelasan singkat berikut ini!



Manusia Dianugerahi Tuhan dengan Kemampuan untuk Merasa Tertarik pada Lawan Jenis

Rasa tertarik seseorang pada lawan jenis bukanlah dosa. Manusia tidak hanya diciptakan berpasangan, tetapi juga dianugerahi dengan kelengkapan tubuh, daya pikat dan daya tarik seperti tertulis dalam Kitab Mazmur 139:13-14.

Selanjutnya Kitab Kidung Agung menggambarkan daya tarik seksual dan kemolekan tubuh manusia sebagai anugerah yang turut menyemarakkan kehidupan. Semua penjelasan ini mengarah ke satu titik, bahwa tubuh manusia beserta keindahan dan daya tariknya termasuk rasa tertarik pada lawan jenis adalah sesuatu yang berasal dari Tuhan. Hal itu merupakan anugerah. Jadi, perasaan tertarik pada lawan jenis karena fisiknya, sikapnya, imannya adalah sesuatu yang alami dan bukanlah dosa. Jika demikian, dapatkah kamu menjawab pertanyaan, apakah anak SMA boleh pacaran?
Manusia Dianugerahi Tuhan dengan Kemampuan untuk Merasa Tertarik pada Lawan Jenis
Manusia Dianugerahi Tuhan dengan Kemampuan untuk Merasa Tertarik pada Lawan Jenis

Apakah Anak SMA Boleh Pacaran?

Pada penjelasan di atas telah disampaikan bahwa perasaan tertarik pada lawan jenis itu adalah sesuatu yang normal. Pada masa remaja seperti sekarang ini, terkadang kamu menyimpan perasaan tertarik dan sayang pada lawan jenis. Kamu malu mengutarakan perasaanmu karena takut ditertawakan atau ditolak.

Jika kamu menyukai seseorang ataupun jatuh cinta kepadanya, coba renungkan, mengapa kamu menyukainya?
  • Karena fisiknya? Misalnya ia tampan atau cantik, badannya proporsional dan bagus atau karena dia populer?
  • Karena sikapnya? Misalnya: lemah lembut, jujur, sederhana, tegas.
  • Karena imannya? Ia taat pada ajaran agama dan setia dalam beribadah.
  • Karena anak orang kaya, memiliki mobil atau kendaraan yang dapat kamu tumpangi.
Dari beberapa kriteria di atas, manakah yang paling baik untuk dijadikan patokan ketika kamu menyukai seseorang? Jika kamu lebih mengutamakan fisik, kekayaan dan popularitas, itu hanyalah kulit luarnya saja, artinya sesuatu yang tidak dapat dijadikan dasar dalam berhubungan. Namun sikap dan iman seseorang akan menuntun kamu memiliki hubungan yang sehat dan bertanggung jawab.

Coba pula renungkan, apakah sudah waktunya bagi kamu untuk berpacaran? Ada banyak anak remaja yang bertanya, apakah anak SMA sudah boleh pacaran? Jawabannya bukanlah soal boleh atau tidak boleh. Melainkan apakah kamu sudah memiliki pemahaman yang cukup tentang arti pacaran dan batas-batas pacaran? Apakah kamu sanggup membagi waktu dengan baik antara pacaran dengan belajar?

Ada sejumlah konsekuensi yang harus kamu terima jika ingin berpacaran. Antara lain, kemungkinan penolakan dari orang yang kamu taksir ataupun putusnya cinta yang kamu bina, semua itu menyebabkan rasa sakit hati. Ada juga beberapa penyimpangan yang terjadi dalam berpacaran yang mengakibatkan penderitaan, misalnya, remaja yang hamil di luar nikah, pacar yang mempengaruhi kekasihnya untuk menjadi pecandu obat-obat terlarang. Semua penyimpangan dapat terjadi karena remaja tidak memahami arti pacaran. Batas-batas dalam berpacaran akan dibahas pada pertemuan berikut.

Rangkuman

Cinta adalah ekspresi perasaan, kagum, suka dan sayang, yang diwujudkan dalam tindakan mengasihi dan memahami orang yang dicintai. Sedangkan pacaran adalah mewujudkan rasa cinta terhadap seseorang dalam sebuah hubungan yang eksklusif. Dalam hubungan seperti itu, dua orang yang terlibat didalamnya mengekspresikan kasih, saling menghargai dan menjaga serta melindungi. Ada unsur saling percaya, memberi dan menghormati termasuk menghormati batasan-batasan dalam berpacaran, yaitu saling setia dan jujur. Semua hal dalam berpacaran itu harus datang dari kedua belah pihak.

Doa

Tuhan, terima kasih karena Engkau memberi perasaan cinta kepada saya Terima kasih karena Tuhan juga sudah menghadirkan laki-laki dan perempuan sehingga manusia laki-laki dan perempuan dapat belajar untuk saling menyayangi. Tuhan, berilah kekuatan iman kepada saya sehingga ketika aku memiliki pacar, aku tetap bisa menjaga diriku dari berbagai penyimpangan. Namun, jika aku belum mempunyai pacar, bimbinglah aku untuk tetap dapat bersahabat dengan siapa saja tanpa kehilangan identitasku sebagai orang beriman. Amin

Sekian pembahasan mengenai Manusia Dianugerahi Tuhan dengan Kemampuan untuk Merasa Tertarik pada Lawan Jenis semoga dapat membantu sobat dalam proses belajar, jika bukan artikel ini yang sobat cari mungkin artikel dibawah ini!

0 komentar

Posting Komentar