Lima Jalan Suci Bermasyarakat

>
Lima Jalan Suci Bermasyarakat - Pembahasan materi pelajaran agama Khonghucu mengenai adanya semangat yang dikenal dengan Jing Tian Zun Zu dan juga tentang Wu Da Dao atau lima jalan suci dalam bermasyarakat, untuk lebih jelasnya dapat disimak dalam penjelasan berikut ini!

Lima Jalan Suci Bermasyarakat

Di dalam agama Khonghucu dikenal adanya semangat Jing Tian Zun Zu (satya beriman kepada Tuhan, dan berdoa memuliakan arwah leluhur). Ini dilandasi oleh semangat berbakti (Xiao Si) memuliakan hubungan dengan ayah-bunda. Sementara menjadi kewajiban setiap orang tua untuk penuh kasih mendidik dan menyayangi anakanaknya.
Lima Jalan Suci Bermasyarakat
Lima Jalan Suci Bermasyarakat

Di dalam budaya religius Ru Jiao (Agama Khonghucu) diajarkan adanya Lima Hubungan Kemasyarakatan (Wu Lun) yang dikenal juga sebagai Lima Jalan Suci Bermasyarakat (Wu Da Dao). Kelima hal hubungan itu meliputi:
  1. Jalan Suci antara atasan dengan bawahan (Jun Chen)
  2. Jalan Suci antara orang tua dan anak dengan anak (Fu Zi)
  3. Jalan Suci antara suami dengan istri (Fu Fu)
  4. Jalan Suci antara kakak dengan adik (Xiong Di)
  5. Jalan Suci antara kawan dengan sahabat (Peng You)
Sebagai tuntunan atau pedoman di dalam menjalankan Lima Perkara itu dikenal dengan Tiga Pusaka (San Da De), yaitu: Zhi, Ren, Yong.

Tuntunan ibadah Khonghucu dimulai di dalam keluarga pemeluknya, ayah bunda adalah sebagai pembina rohani bagi putra-putrinya. Barulah kemudian dikembangkan secara sosial religius di rumah-rumah ibadah.

Sekian pembahasan materi mengenai semangat yang dikenal dengan Jing Tian Zun Zu dan juga tentang Wu Da Dao atau lima jalan suci dalam bermasyarakat, semoga bermanfaat.


0 komentar

Posting Komentar